Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan

Berita

Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan HUT RI ke 70

18 August 2015

Banjarmasin - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 70 yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dilaksanakan dengan penuh khidmat pada Senin (17/8).

Upacara peringatan detik-detik proklamasi digelar di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Selatan dan dihadiri oleh tamu-tamu peserta upacara yang berasal dari berbagai golongan. Terlihat diantaranya para pejabat penting di wilayah Pemerintah Provinsi Kalimantan selatan, pegawai negeri sipil, pramuka dan sebagainya.

Upacara peringatan detik-detik Proklamasi dipimpin oleh Provinsi Kalimantan Selatan, Ir. Tarmizi Abdul Karim. Acara dimulai pukul 10.00 WITA yakni penghormatan kebesaran dan laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan naskah Proklamasi oleh Ketua DPRD Kalimatan Selatan, Hj. Noormiliyani AS, SH. Setelah tanda kebesaran ditutup, acara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta kemudian berlanjut pada pengibaran Sang Merah Putih yang diserahkan kepada Komandan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.

Peringatan hari kemerdekaan menjadi lebih meriah dengan penampilan drama kolosal dari Kodim 1007 Banjarmasin. Drama kolosal tersebut menggambarkan sejarah singkat tentang sejarah perjuangan kemerdekaan di Kalsel yang dipimpin oleh Brigjend TNI Hasan Basry dengan judul Waja Sampai Kaputing.
Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan, Ir. Tarmizi Abdul Karim mengungkapkan, bahwa perjuangan masyarkat Kalimantan Selatan dalam merebut kemerdekaan tidaklah mudah. “Seperti apa yang telah kita saksikan tadi, itu artinya kemerdekaan ini terlahir dengan perjuangan yang berat sekali, kemudian kepada pada generasi muda sekarang harus mengisi kemerdekaan dengan meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) kita, memperbaiki mutu, agar lebih menghargai adat istiadat, inilah apa yang dikatakan dengan mempertahankan kedaulatan kita, tidak ada jalan lain untuk kita, untuk memperkuat bangsa ini selain dengan mengisi kemerdekaan dengan meningkatkan kapasitas kita untuk membangun Banua Kalimantan Selatan lebih baik lagi,” katanya.

posted by : Nisa - admindma2 on 18/08/2015