Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan

Berita

Kunjungan Kerja Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Selatan selaku Tim Fit and Profer Test ke Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia Pusat

26 August 2015

Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Selatan selaku Tim Fit and Profer Test melakukan kunjungan kerja ke Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia Pusat di Jakarta dalam rangka akan melakukan Fit and Profer Test Dewan Pengawas Radio Abdi Persada Lembaga Penyiaran Publik Provinsi Kalimantan Selatan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 20 sampai 25 Agustus 2015.

Dalam kunjungan ini komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Selatan didampingi oleh Kepala RRI, Bapak Drs. Herman Zuhdi, MM beserta jajaran Kepala Bidang RRI. Beberapa informasi yang diperoleh dari pertemuan tersebut diantaranya:
a. Bahwa setiap stasiun yang akan didirikan itu swasta maupun diluar RRI dan bahkan RRI yang namanya stasiun radio itu harus mengetahui dahulu format apa yang akan disampaikan kepada publik. Format tersebut antara lain:
- segmentasinya untuk apa
- targetnya kepada siapa
- posisioningnya apa
b. Dalam rangka melakukan Fit and Profer Test kepada calon Dewan Pengawas Radio Abdi Persada Lembaga Penyiaran Publik Provinsi Kalimantan Selatan sebagai LPP Lokal di bawah Pemerintah Provinsi Kalsel diharapkan kepada Tim Fit and Profer Test dalam memilih dewan harus memenuhi beberapa kriteria yaitu:
- harus mengerti betul Provinsi Kalimantan Selatan, kebijakan-kebijakan pemerintah dalam segala bidang
- mengerti apa itu namanya broadcasting
- mengerti dengan manajemen yang nantinya dalam menetapkan kebijakan, memilih direksi, membuat rencana induk dewan direksi adalah tugas dewan tersebut.
c. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 12 Pasal 7 Tahun 2015 tentang RRI, Dewas itu adalah sebagai:
- menetapkan kebijakan umum, rencana induk, kebijakan penyiaran, rencana kerja dan anggaran tahunan, kebijakan pengembangan kelembagaan dan sumber daya, serta mengawasi pelaksanaan kebijakan tersebut sesuai dengan arah dan tujuan penyiaran
- mengawasi pelaksanaan rencana kerja dan anggaran serta independensi dan netralitas siaran.
- melakukan uji kelayakan dan kepatutan secara terbuka terhadap calon anggota dewan direksi
- mengangkat dan memberhentikan dewan direksi
- menetapkan salah seorang anggota dewan direksi sebagai direktur utama
- menetapkan pembagian tugas setiap direktur

Dari pertemuan tersebut dapat diketahui bahwa dalam memilih calon dewan pengawas radio Abdi Persada Lembaga Penyiaran Publik Provinsi Kalimantan Selatan adalah orang yang benar-benar memahami dunia penyiaran dan manajemen dan juga memiliki kapasitas yang ideal dan terbaik menurut publik. Diharapkan ke depan kepada dewan pengawas radio Abdi Persada Lembaga Penyiaran Publik Provinsi Kalimantan Selatan dalam memilih direksinya agar benar-benar yang mampu dapat mengelola radio baik hiburan dan informasi karena radio tersebut merupakan corong Pemerintah Provinsi dalam menyampaikan kegiatan pemerintahan kepada publik.

posted by : Nisa - admindma2 on 26/08/2015