Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan

Berita

Kalsel Terbaik III Penganugerahan Nawacita Legislasi 2016

24 June 2016

Pembuatan Peraturan Daerah (Perda) memerlukan proses yang panjang. Kehati-hatian dan ketelitian. Bukan hanya soal melahirkan Perda, namun penerapannya pun seringkali mengalami kendala. Kalsel termasuk Provinsi terbaik ketiga, dalam pembuatan dan implementasi Perda ini.
Perda Kalsel yang mendapatkan Anugerah Nawacita Legislasi 2016, adalah perda Nomor 10 Tahun 2015 tentang penyelenggaraan bantuan hukum untuk masyarakat miskin.
Dengan Perda ini, Kalsel dianggap sudah memenuhi satu kebutuhan masyarakat kecil. Yaitu bantuan hukum yang merupakan sulit untuk diwujudkan menggunakan dana pribadi.
Penghargaannya diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly kepada Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor dan didampingi oleh ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Hj Noormiliany AS di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Jumat (24/6).
Ketua DPRD Kalsel Hj Noormiliany AS, menilai penghargaan ini tentunya akan lebih memotivasi pihaknya untuk menghasilkan Perda-Perda yang berkualitas. “Alhamdulillah, hasil kerja DPRD Provinsi Kalsel Khususnya Komisi 1 diapresi dengan pernghargaan ini, mengingat di Kalsel sekitar 4,8 persen masyarakat yang miskin dan berkaca dari hal itu dibentuk lah perda bantuan untuk masyarakat miskin ini, selain itu penghargaan ini juga akan lebih memotivasi kami untuk menghasilkan Perda yang lebih bagus dan berkualitas, dan diharapkan tiap tahun baik provinsi baik pemprov maupun kabupaten/kota ada yang menerima penghargaan ini,”tambahnya.
Yasonna Laoly berpesan, penghargaan ini dimaknai sebagai motivasi agar menjaga nilai-nilai keadilan dalam membentuk peraturan perundang-undangan. Selain itu, lanjutnya, penghargaan ini juga merupakan langkah baik yang perlu dilakukan pada tahun-tahun mendatang sebagai bentuk apresiasi kepada kementerian/lembaga, dan pemerintah daerah yang membuat peraturan berdasarkan asas Pancasila, UUD, trisakti, dan nawacita.

posted by : Jay - Jay-Aprl on 24/06/2016