Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan

Berita

Sesko TNI KKDN ke DPRD Kalsel

31 October 2017

Banjarmasin,
Selasa (31/10) pagi kemarin, puluhan perwira menengah TNI dan Polri yang tergabung dalam Pasis Dikreg XLIV Sesko TNI Tahun 2017, melaksanakan Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) Pertahanan Wilayah ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Selatan (Kalsel) di Banjarmasin.
Bertempat di runag Komisi II di lantai IV gedung dewan itu,
rombongan perwira berpangkat melati 1 yang 46 orang tersebut, menggelar tanya-jawab bersana Komisi III dewan setempat.
Dimediasi pimpinan rombongan Brigjen TNI Darlan Harahap dan Ketua DPRD Kalsel, H Burhanuddin, sejumlah pertanyaan, saran serta usulan mengemuka, antara lain agar ada peningkatan kapasitas kepelabuhan hingga penyetaraan status Korem, Lanal dan Lanud maupun pemanfaatan sumber daya lokal dan infrastruktur di daerah, agar tujuan peningkatan ketahanan wilayah semakin terjaga.
Sebelum berlanjut sesi tanyajawab, pimpinan rombongan Brigjen TNI Darlan Harahap membacakan sambutan terulis Dansesko TNI yangmana kegiatan KKDN Sesko TNI dilaksanakan di empat wilayah, yakni di Lampung, Palu, Bali dan Kalimantan Selatan dengan jumlah siswa keseluruhannya sebanyak 143 orang.
“Ini bagian kurikulum TNI dan dilaksanakan di empat tempat, Lampung, Palu, Bali dan Kalsel,” sebutnya
Dihadapan puluhan anggota Komisi III yang dipimpin H Supian HK, Darlan Harahap lebih jauh mengingatkan, ancaman dan tantangan terhadap pertahanan wilayah pada masa kini dan masa mendatang tidak lagi didominasi oleh ancaman militer, tetapi juga oleh ancaman non militer karena semakin berkembangnya dimensi ancaman, termasuk dimensi ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya dan teknologi informasi.
Bahkan, usai kegiatan, Brigjen TNI Darlan Harahap mengatakan kedatangan KKDN Sesko TNI ke lembaga legislatif ini guna mengetahui tugas dan fungsi dewan, salah satunya fungsi dalam pengawasan, selain fungsinya legislasi membuat peraturan hukum berupa peraturan daerah dan fungsi budgeting (pembahasan anggaran).
“Kami melihat fungsi dewan itu dilaksanakan,” ujar Darlan.
Satu dari tiga fungsi dewan itu lanjutnya, salah satunya pengawasan dilaksanakan dengan baik oleh mereka, contohnya apa yang direncanakan eksekutif khususnya dalam penataan wilayah pertahanan tidak lepas dari pengawasan dewan.
Disinggung usulan peningkatan status Korem agar dipimpin jenderal bintang satu, menurut Darlan hal itu menjadi atensi pimpinan di institusi TNI, karena memang ada masukan seperti itu dan jadi pertimbangan, tapi mungkin tidak bisa sekaligus ini menyangkut keterbatasan anggaran.
“Panglima TNI menyampaikan, apa yang terbaik untuk rakyat, itu lah yang terbaik untuk rakyat,” kutipnya.
Sementara keuntungan bagi pasis sesko mengikuti kegiatan ini manfaatnya mereka belajar membuat saran dan masukan tentang penataan wilayah pertahanan, karena mereka mendapat ilmunya melalui teori di pendidikan kemudian konsepnya praktek ke lapangan, tandasnya.
Sedang Ketua DPRD Kalsel H Burhanuddin menyambut positif kegiatan KKDN Sesko TNI ini bahkan pihaknya mengucapkan terima kasih ada agenda seperti kali ini, karena melalui pertemuan dan dialog dengan para pasis sesko ini tentu ada imbal baliknya bagi dewan, salah satunya banyak menerima masukan dan bermanfaat bagi kepentingan daerah.
Burhanuddin mencontohkan, dari dialog antara pasis sesko dengan anggota dewan, salah satunya terkait permasalahan kepelabuhan di Kalsel yang selama ini jadi keluhan masih belum dapat disinggahi oleh kapal-kapal berbobot besar.
“Ini tentu jadi pekerjaan rumah kami untuk berkoordinasi dengan pemerintah provinsi agar ditindaklanjuti ke kementerian terkait, agar kapal-kapal berbobot besar bisa masuk ke pelabuhan di Kalsel,” kata dia.
Sedangkan usulan lainnya seperti peningkatan status Korem, Lanal dan Lanud, menurutnya merupakan usulan yang baik, karena di Kalsel memang sudah diajukan peningkatan status untuk Polda dari tipe B menjadi tipe A dan itu kami sudah tandatangani.
“Untuk keseimbangan Forkopimda, tentunya peningkatan status itu penting, tapi ini semua terkait kemampuan anggaran,” pungkasnya.

posted by : Jay - Jay-Aprl on 31/10/2017