Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan

Berita

Suripno: Tradisi’ Baayun Anak” Bagian Syiar Islam

10 December 2017

Banjarmasin,

Tradisi’ Baayun Anak” yang marak dilaksanakan oleh masyarakat Kalimantan Selatan (Kalsel) di Bulan Maulud ini, sangat patut dilestarikan. Karena selain dapat memperkuat tali siraturahhim antar sesama umat muslim dan lebih menumbuhkan budaya Banjar, juga

juga merupakan bagian dari syiar Islam.

Hal itu diungkapkan salahsatu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalsel, H Suripno Sumas, disela kehadirannya pada peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW Tahun 1439 H, di Mesjid Sultan Suriansyah Banjarmasin, Minggu (10/12/2017) tadi.

Suripno yang terlihat hadir bersama sejumlah pejabat pemerintah dan para pengurus mesjid saat itu, menyebutkan, tradisi “Ba Ayun anak” merupakan salahsatu cara turun-temurun yang dilaksanakan termasuk oleh Raja Banjar Sultan Suriansyah pada zamannya hingga masyarakat sampai kini.

Adapun peringatan Maulid di mesjid tua yang terletak dikawasan Kuin itu, menghadirkan penceramah yaitu Guru Yasin dengan tausiahnya, menghimbau segenap umat muslim untuk terus memperkuat iman dan takwa, serta mensuritauladani sikap dan prilaku Nabi Muhammad SAW.

Dibagian lain, Guru Yasin yang merupakan kerabat masyarakat Kelurahan Kuin ini tak lupa mengingatkan para orang tua agar lebih ketat mengawasi anak-anak mereka, karena saat ini ancaman kenakalan remaja hingga narkoba sudah sangat memprihatinkan. “ marilah kita sama-sama meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah, dan bisa menjaga keluarga dan anak-anak kita agar tak terjerumus pada kemaksiatan,” pintanya.

Sedang Ketua Pengurus Mesjid Sultan Suriansyah, H Muhidin, menambahkan, kegiatan rutin dilaksanakan setiap setahun sekali.

Adapun Ba Aun Maulid, kali ini diikuti sebanyak 1.070 orang, dengan perserta termuda bayi ber usia 2 minggu, dan tertua nenek bersusia 83 tahun.

“Kita berharap melalui pelaksanan ini bisa memperoleh berkah dari Allah dan bisa meniru pribadi nabi,” kata Muhidin.

Adapun kegiatan yang digelar sejak pukul delapan pagi dan berakhir Pulul 13.00 Wita itu, berjalan sangat meriah karena dihadiri ribuan masyarakat dari berbagai penjuru, hingga memacetkan ruas jalan disekitar. (*)

posted by : Jay - Jay-Aprl on 10/12/2017