Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan

Berita

2017 Dewan Utang Satu Raperda

12 December 2017

Banjarmasin,

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Kalimantan Selatan (Kalsel) memastikan pihaknya memiliki utang satu pembahasan rancangan peraturan daerah (raperda) dalam program legislasi daerah (prolegda) tahun 2017.

Kondisi tersebut disebabkan adanya penyesuaian dengan aturan diatasnya.

Hal itu diungkapkan, Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BP-Perda) DPRD Kalsel, H Rosehan NB di Banjarmasin, Selasa (12/12) tadi.

Mengingat tahun 2017 hampir berakhir, sebut dia, sehingga pembahasan raperda yang baru diusulkan eksekutif tersebut dipastikan dilakukan pada tahun 2018 mendatang.

Menurut dia, dari 26 raperda yang masuk dalam prolegda tahun 2017 ini, 25 buah diantaranya sudah rampung dibahas. Sedang satu raperda tentang zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau di Kalsel baru sebatas persetujuan pengusulan dan harmonisasi. Sehingga pembahsananya akan dilakukan tahun depan.

Kendati demikian, Anggota Komisi IV DPRD Kalsel ini menegaskan, bahwa tugas dan fungsi BP Perda DPRD Kalsel secara total sudah kelar. Kerana kewenangan selanjutnya untuk pembahasan dilakukan panitia khusus (pansus) raperda.

Rosehan juga mengapresisasi koleganya di dewan, dalam merampungkan prolegda tahun 2017 yang dinilai lebih terukur dibanding tahun sebelumnya.

“ Saya mengapresiasi kinerja rekan dewan yang sudah merampungkan raperda tahun ini lebih terukur,” kata dia.

Politis PDI-P yang juga mantan Wagub ini merinci, hingga saat ini 9 buah raperda sudah disahkan menjadi perda. Sedang 16 raperda sudah ramung dibahas dewan, tetapi masih menunggu fasilitasi dari kementerian dalam negeri.(*)

posted by : Jay - Jay-Aprl on 12/12/2017