Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan

Berita

Tak Qorum, Banggar Tunda Rapat Hasil Evaluasi APBD Kemendagri

15 December 2017

Banjarmasin

Karena tak memenuhi qorum, Badan Anggaran (Banggar) terpaksa menunda rapat pembahasan hasil evaluasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) 2018 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang sempat digelar diruang Komisi II lantai IV gedung dewan, Kamis (14/12) petang kemarin.

Padahal rapat tersebut sangatlah penting, selain sudah terjadwal dalam agenda Badan Musyawarah (Banmus), juga diberi batas waktu tujuh hari kerja oleh kementrian dalam negeri (kemendagri) untuk merampungkannya.

Ketua Banggar DPRD Kalsel, H Burhanuddin, mengakui, pertemuan bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dipimpin Haris Makie yang sempat berjalan kurang lebih 1 jam dan berakhir pada pukul 16.30 Wita itu, terpaksa dipending.

“ Rapat terpaksa kita pending, karena tidak qorum,” ujarnya, usai kegiatan sore itu.

Karena lanjut dia, pihaknya terpaksa akan melanjutkan kembali setelah nanti melakukan koordinasi terhadap semua anggota banggar dewan yang tak hadir hari itu.

Tetapi, sifatnya berupa rapat lanjutan, dan tidak lagi dijadwalkan karena jika dijadwal maka harus masuk dalam rapat banmus kembali.

Disinggung ketidakhadiran 22 orang anggota banggar dewan lainnya. Politisi Golkar ini mengatakan, ada kunjungan kerja keluar daerah secara bersambung sehingga ada yang tak pulang. Namun yang menjadi masalah agendanya dibuat seperti itu. Tetapi yang meminta adalah pihak eksekutif.

Burhanuddin yang hanya ditemai 3 koleganya, yaitu, H Hamsyri, Puar Junaidi, berharap setidaknya lebih separo anggota banggar dapat hadir sehingga bisa qorum.

Sebelumnya, TAPD dipimpin Sekdaprov Kalsel, Haris Makie, sejak pukul 15.15 Wita telah berhadir diruang Komisi II lantai IV dan siap melakukan rapat pembahasan.

Mereka yang hadir, diantaranya, Kepala Bappeda, Fajar, Desira, Kepala Bakeuda, Aminudin Latif, Kabiro Hukum, Akhmad Fidayen, serta puluhan anggota tim lainnya. (*)

posted by : Jay - Jay-Aprl on 15/12/2017